WELCOME TO MUHAMMAD TAUFIQ'S BLOG, THANKS FOR YOUR VISIT

Senin, 20 Desember 2010

Re­mu­ne­ra­si & pe­ri­la­ku pe­ne­gak hu­kum


Dimuat di Harian Solopos, Sabtu 18/12/2010
Bo­leh ja­di sa­tu bu­lan ke de­pan po­li­si dan ke­lu­ar­ga me­re­ka ber­bu­nga-bu­nga ha­ti. Ha­rap­an me­re­ka un­tuk me­me­ro­leh re­mu­ne­ra­si se­jak ta­hun 2008 se­ba­gai­ma­na yang di­te­ri­ma ha­kim dan pe­ne­gak hu­kum lain ter­ka­bul.

DPR te­lah me­nye­tu­jui per­min­ta­an pe­me­rin­tah un­tuk meng­alo­ka­si­kan da­lam APBN 2011 da­na re­mu­ne­ra­si di ling­kung­an TNI/Pol­ri. Meng­hu­bung­kan pe­ri­la­ku hu­kum apa­rat ne­ga­ra se­per­ti po­li­si,jak­sa dan ha­kim de­ngan re­mu­ne­ra­si ten­tu­lah hal yang me­na­rik.

Re­mu­ne­ra­si yang ber­asal da­ri ba­ha­sa Ing­gris re­mu­ne­ra­tion ber­ar­ti ga­ji atau peng­har­ga­an ba­gi orang yang be­ker­ja. Per­ta­nya­an­nya apa re­le­van­si­nya de­ngan upa­ya pe­ne­ga­kan hu­kum? Dan apa pe­nga­ruh­nya ba­gi pe­ning­kat­an ki­ner­ja? Per­ta­nya­an itu wa­jar di te­ngah kri­sis ke­per­ca­ya­an ke­pa­da in­sti­tu­si pe­ne­gak hu­kum yang di­tun­juk­kan de­ngan ter­bong­kar­nya ja­ring­an ma­ke­lar ka­sus da­lam per­pa­jak­an.

Ju­ga mun­cul­nya ber­ba­gai ka­sus yang me­li­bat­kan ma­ke­lar ka­sus se­ba­gai aki­bat ti­dak pro­fe­sio­nal­nya po­li­si dan jak­sa da­lam me­na­ngani per­ka­ra ko­rup­si. Ter­buk­ti ter­bit­nya SP3 da­ri Ma­bes Pol­ri dan SKPP oleh Ke­jak­sa­an Agung yang akhir­nya me­nuai kon­tro­ver­si. Mes­ki de­mi­ki­an Jak­sa Agung Hen­dar­man Sup­an­ji ka­la itu se­per­ti orang ti­dak ber­do­sa. Alih-alih mem­per­bai­ki ki­ner­ja. Dia jus­tru me­min­ta tam­ba­han ang­gar­an ke­pa­da Ko­mi­si III DPR se­ni­lai Rp 10 tri­li­un un­tuk mem­er­bai­ki fa­si­li­tas jak­sa se­hing­ga ti­dak ter­go­da.

Un­tuk me­ne­li­ti le­bih ja­uh co­ba ki­ta te­lu­su­ri la­hir­nya ber­ba­gai atur­an ter­kait re­mu­ne­ra­si. Se­suai de­ngan UU No 17/2007 ten­tang Ren­ca­na Pem­ba­ngun­an Na­sio­nal Jang­ka Pan­jang 2005-2025 dan Per­atur­an Me­neg PAN No: PER/15/M.PAN/7/2008 ten­tang Pe­do­man Umum Re­for­ma­si Bi­ro­kra­si, ke­bi­jak­an re­mu­ne­ra­si di­pe­run­tuk­an ba­gi se­lu­ruh pe­ga­wai ne­ge­ri di se­lu­ruh lem­ba­ga pe­me­rin­tah­an.

Ber­da­sar­kan ur­gen­si­nya di­ke­lom­pok­an ber­da­sar­kan ska­la pri­o­ri­tas ke da­lam ti­ga ke­lom­pok. Pri­o­ri­tas per­ta­ma ada­lah se­lu­ruh in­stan­si rum­pun pe­ne­gak hu­kum, rum­pun pe­nge­lo­la ke­uang­an ne­ga­ra, rum­pun pe­me­rik­sa dan peng­awas ke­uang­an ne­ga­ra ser­ta lem­ba­ga pe­ner­tib­an apa­ra­tur ne­ga­ra.

Pri­o­ri­tas ke­dua ada­lah ke­men­te­ri­an/lem­ba­ga yang ter­kait de­ngan ke­gi­at­an eko­no­mi, sis­tem pro­duk­si, sum­ber peng­ha­sil pe­ne­ri­ma­an ne­ga­ra dan unit or­ga­ni­sa­si yang me­la­ya­ni ma­sya­ra­kat se­ca­ra lang­sung ter­ma­suk Pem­da. Pri­o­ri­tas ke­ti­ga ada­lah se­lu­ruh ke­men­te­ri­an/lem­ba­ga yang ti­dak ter­ma­suk pri­o­ri­tas per­ta­ma dan ke­dua.

De­ngan de­mi­ki­an se­sung­guh­nya re­mu­ne­ra­si yang di­te­ri­ma pe­ne­gak hu­kum se­per­ti ha­kim As­nun Ke­tua Peng­adil­an Ne­ge­ri Ta­nge­rang yang ke­mu­di­an mem­vo­nis be­bas Ga­yus pa­da tang­gal 12 Ma­ret 2010 bu­kan­lah kon­tro­ver­si ba­ru. Se­bab, mu­lai 1 Ap­ril 2008 kon­tro­ver­si itu su­dah ter­ja­di. Sa­at itu, tun­jang­an di ling­kung­an Mah­ka­mah Agung dan peng­adil­an ting­gi na­ik sa­ngat fan­tas­tis. Ang­ka ke­na­ik­an­nya bah­kan men­ca­pai 300 per­sen.

Da­lam Per­pres No 19/2008 ten­tang Ki­ner­ja Ha­kim dan Pe­ga­wai Ne­ge­ri di Ling­kung­an MA dan Per­adil­an di Ba­wah­nya di­se­but­kan be­sar­an tun­jang­an un­tuk ke­tua MA Rp 31,1 ju­ta dan wa­kil ke­tua MA Rp 25,8 ju­ta. Se­men­ta­ra un­tuk ke­tua peng­adil­an ting­gi Rp 13 ju­ta, ha­kim bia­sa peng­adil­an ting­gi Rp 10 ju­ta, dan ha­kim peng­adil­an ting­gi ke­las II Rp 4,2 ju­ta.

Da­lam hal ini, yang per­lu di­cer­ma­ti, ke­na­ik­an ter­se­but ti­dak ter­ma­suk ga­ji po­kok. Per­pres kon­tro­ver­si­al itu ti­dak akan per­nah bi­sa diak­ses ma­sya­ra­kat ka­re­na se­la­ma ini pe­nyu­sun­an dan pub­li­ka­si­nya cen­de­rung ter­tu­tup. Oleh ka­re­na itu, wa­jar ka­lau be­be­ra­pa pi­hak, ter­uta­ma ka­lang­an pe­gi­at an­ti­ko­rup­si, me­ni­lai ke­na­ik­an tun­jang­an ter­se­but sa­ngat ber­le­bih­an.

Apa yang di­tu­ang­kan da­lam Per­pres itu se­nya­ta­nya me­mang ti­dak kon­du­sif dan ter­ke­san meng­abai­kan ke­ten­tu­an di atas­nya. Bu­kan ka­re­na di­sam­pai­kan da­lam wak­tu yang ti­dak te­pat, yak­ni di sa­at kri­sis ba­han po­kok me­lan­da Ta­nah Air, me­la­in­kan ju­ga si­fat Per­pres yang ti­dak meng­ikuti ke­ten­tu­an UU No 17/2003 ten­tang Ke­uang­an Ne­ga­ra.

Ber­le­bih­an

Da­lam Pa­sal 3 ayat (1) UU Ke­uang­an Ne­ga­ra je­las di­se­but­kan ke­uang­an ne­ga­ra di­ke­lo­la se­ca­ra ter­tib, ta­at pa­da per­atur­an per­un­dang-un­dang­an, efi­si­en, eko­no­mis, efek­tif, trans­pa­ran dan ber­tang­gung ja­wab de­ngan me­mer­ha­ti­kan ra­sa ke­adil­an dan ke­pa­tut­an. Di ne­ga­ra-ne­ga­ra yang su­dah ma­ju se­per­ti Je­pang dan Chi­na, re­mu­ne­ra­si yang ber­ar­ti tun­jang­an atau im­bal­an su­dah men­ja­di hal yang bia­sa ba­ik di kan­tor pe­me­rin­tah mau­pun swas­ta.

Alas­an re­mu­ne­ra­si ten­tu ha­rus ber­da­sar per­tim­bang­an agar me­re­ka be­ker­ja le­bih efi­si­en dan mak­si­mal se­hing­ga mem­be­ri­kan out­put yang se­ta­ra pu­la. Pa­da gi­lir­an­nya, itu akan men­ce­gah pe­ri­la­ku ko­rup­si atau pe­nyim­pang­an lain­nya. In­ti­nya, tu­ju­an re­mu­ne­ra­si ada­lah mem­bu­at se­tiap pe­ga­wai ber­has­rat ker­ja ting­gi ka­re­na ya­kin se­ma­kin efi­si­en dan pro­fe­sio­nal, dia akan mem­per­oleh im­bal­an yang ting­gi pu­la.

Da­lam kon­teks pe­me­rin­tah­an SBY, re­mu­ne­ra­si di ling­kung­an MA dan PT—dan se­ka­rang ke­po­li­si­an—ten­tu ber­tu­ju­an me­wu­jud­kan re­for­ma­si bi­ro­kra­si de­ngan sis­tem peng­ga­ji­an je­las dan ter­bu­ka. Pa­da gi­lir­an­nya itu meng­hin­dar­kan pa­ra pe­ne­gak hu­kum da­ri ber­pe­ri­la­ku atau ber­buat me­nyim­pang. Yang men­ja­di per­ta­nya­an, be­nar­kah pa­ra pe­ne­gak hu­kum ki­ta te­lah ber­tin­dak dan be­ker­ja de­ngan has­rat yang ting­gi da­lam me­nun­tas­kan ber­ba­gai ka­sus yang me­ru­gi­kan ne­ga­ra be­la­kang­an ini se­hing­ga la­yak mem­per­oleh im­bal­an yang pan­tas pu­la?

Se­iring de­ngan ma­sih ba­nyak­nya pe­na­ngan­an per­ka­ra yang da­lam pan­dang­an pe­mer­ha­ti hu­kum di­ni­lai ti­dak me­me­nuhi ra­sa ke­adil­an ma­sya­ra­kat dan be­gi­tu ting­gi­nya per­ka­ra yang be­lum ter­se­le­sa­i­kan di MA, ten­tu re­mu­ne­ra­si itu meng­un­dang se­tum­puk kon­tro­ver­si. Apa­kah itu bu­kan se­buah dis­ori­en­ta­si pe­ma­ham­an re­for­ma­si bi­ro­kra­si, yang ber­ar­ti le­bih me­nye­der­ha­na­kan pro­ses yang ber­te­le-te­le pa­da bi­ro­kra­si hu­kum de­ngan out­put ke­adil­an yang ba­ik ka­re­na men­ja­di ce­pat dan mu­rah.

Da­lam pan­dang­an pe­ne­gak hu­kum, re­mu­ne­ra­si ter­se­but ten­tu ti­dak sa­lah ka­re­na pa­ra­me­ter bi­ro­krat hu­kum se­ka­rang ke­se­jah­te­ra­an itu di­ni­lai da­ri se­be­ra­pa be­sar peng­ha­sil­an se­o­rang se­hing­ga dia hi­dup la­yak di te­ngah-te­ngah ma­sya­ra­kat yang ser­ba mengu­kur ke­ber­ha­sil­an se­se­o­rang da­ri ka­ca­ ma­ta ke­suk­ses­an ma­te­ri.

Da­lam ka­sus man­tan Jak­sa Agung Mu­da Ke­mas Ya­hya—yang di­du­ga me­mi­liki ru­mah ber­ni­lai mi­li­ar­an ru­pi­ah—un­tuk syu­kur­an na­ik pang­kat sa­ja meng­ha­bis­kan ra­tus­an ju­ta ru­pi­ah, pa­da­hal dia cu­ma pu­nya ga­ji Rp 7 ju­ta (Tem­po, 24 Ma­ret 2008). Ka­re­na itu, ter­ja­wab su­dah bah­wa re­mu­ne­ra­si di ling­kung­an bi­ro­kra­si pe­ne­gak hu­kum—ter­ma­suk po­li­si sa­at ini—ti­dak iden­tik de­ngan pe­ning­kat­an mu­tu ke­adil­an.

Ber­da­sar­kan PP No 21/2009 ten­tang Ta­bel Ga­ji Ang­go­ta Pol­ri, te­ren­dah Go­long­an I Tam­ta­ma Ba­yang­ka­ra II se­be­sar Rp 1.090.000 dan per­wi­ra ting­gi go­long­an IV Rp3.525.000. De­ngan ga­ji yang ren­dah, toh dia mam­pu mem­be­li dan me­mi­liki ba­rang-ba­rang me­wah. Bu­kan ha­nya itu. Me­re­ka ma­lah bi­sa me­nye­ko­lah­kan anak ke lu­ar ne­ge­ri.

Mes­ki te­lah me­ne­ri­ma re­mu­ne­ra­si, da­lam ek­sa­mi­na­si BLBI yang mun­cul jus­tru ke­sim­pul­an tin­dak­an kon­glo­me­rat yang me­ru­gi­kan ne­ga­ra tri­li­un­an ru­pi­ah itu bu­kan tin­dak pi­da­na ko­rup­si. Ar­ti­nya, ka­lau mo­del re­mu­ne­ra­si itu di­ber­la­ku­kan di In­do­ne­sia dan di­awali da­ri ga­ji ha­kim, ke­mu­di­an di­ber­la­ku­kan di ke­po­li­si­an dan ke­jak­sa­an, se­sung­guh­nya mo­del itu ha­nya ber­la­ku ba­gi pem­be­ran­tas­an ko­rup­si ke­las te­ri.

Se­ma­cam Ha­kim PN Ja­kar­ta Se­la­tan Her­man Ale­si­ton­di yang di­hu­kum ka­re­na me­me­ras sak­si Jams­os­tek dan AKP Su­par­man pe­nyi­dik KPK yang di­hu­kum enam ta­hun ka­re­na me­me­ras sak­si, be­gi­tu pu­la Ha­kim As­nun eks Ke­tua PN Ta­nge­rang. Atau ti­dak be­da de­ngan se­o­rang jak­sa Urip Tri Gu­na­wan yang di­tang­kap ka­re­na di­du­ga me­ne­ri­ma uang ha­ram da­ri Ar­tha­ly­ta.Se­men­ta­ra per­ka­ra po­kok­nya, ka­sus ko­rup­si tri­li­un­an ru­pi­ah yang di­la­ku­kan Syam­sul Nur­sa­lim, di­ang­gap su­dah se­le­sai.

Ke­tim­pang­an so­si­al

Me­mang ti­dak bi­sa di­sa­lah­kan ji­ka mun­cul per­ta­nya­an ada apa di ba­lik re­mu­ne­ra­si yang fan­tas­tis itu? Se­bab, pem­be­ran­tas­an ko­rup­si da­ri wak­tu ke wak­tu ha­nya se­ba­tas pa­da re­to­ri­ka. Di si­si lain, ter­ja­di pe­man­dang­an yang sa­ngat ti­dak me­nye­nang­kan. Yak­ni, ba­nyak orang mis­kin ti­dak mam­pu me­nye­ko­lah­kan anak. Bah­kan, ada yang ma­ti ke­la­par­an ka­re­na mem­be­li be­ras atau na­si aking se­ka­li pun me­re­ka ti­dak mam­pu. Iro­nis me­mang, Per­pres ten­tang re­mu­ne­ra­si di lingkung­an MA dan ha­kim ting­gi ser­ta di ling­kung­an ke­po­li­si­an mun­cul jus­tru pa­da sa­at ke­tim­pang­an so­si­al ter­ja­di di ma­na-ma­na.

Apa­kah ki­ta me­mang te­lah ma­ti ra­sa atas se­mua ke­tim­pang­an itu? Per­pres No 19/2008 dan Per­pres ten­tang Re­mu­ne­ra­si Ba­gi Pol­ri akan sa­ngat ber­ar­ti bi­la te­lah di­ba­rengi de­ngan pe­ning­kat­an ki­ner­ja ha­kim yang di­tan­dai de­ngan out­put ke­adil­an yang ja­uh le­bih ba­ik. Mi­sal­nya, ko­rup­tor BLBI di­hu­kum ma­ti atau di­hu­kum seu­mur hi­dup. Dan me­nye­ret pem­ba­gi tra­vel­ler check pe­mi­lih­an Mi­ran­da Go­el­tom. Bu­kan se­ka­dar me­me­rik­sa dan me­na­han ang­go­ta DPR, ka­re­na da­lam ka­sus su­ap pe­ne­ri­ma dan pem­be­ri sa­ma-sa­ma di­hu­kum. - Oleh : Mu­ham­mad Tau­fiq Ke­tua Pe­ra­di So­lo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar